Kamis, 20 November 2014

Tour atau Travel?


Tour dan Travel merupakan dua kata yang tidak asing lagi bagi masyarakat kita, khususnya mereka yang tinggal di daerah perkotaan. Sebenarnya Tour dan Travel merupakan dua aktivitas yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari manusia karena manusia merupakan makhluk yang bergerak dan selalu berpindah-pindah tempat. Bahkan sejak jaman Nabi Adam hingga Bryan Adam kini, dua aktifitas ini tetap eksis meskipun dilakukan dengan motivasi yang berbeda beda.

Di era globalisasi saat ini, Tour dan Travel telah menjadi kebutuhan primer bagi sebagian masyarakat. Diantara motivasinya yaitu untuk memenuhi kebutuhan hidup baik dari segi materi (mencari nafkah) maupun non materi (belajar, liburan). Namun dari dua kata ini, masyarakat sering latah dalam membedakan arti dan definisinya. Sehingga masyarakat tidak bisa membedakan mana yang dimaksud dengan Tour dan mana yang dimaksud dengan Travel.

Sering terjadi di lapangan ketika seseorang yang merencanakan sebuah liburan di akhir tahun mereka sering menyebutnya dengan Traveling, memang penggunaan kata tersebut tidak salah karena mereka akan melakukan sebuah perjalanan, tapi kata tersebut kurang tepat, karena jika dilihat dari motivasinya yaitu untuk jalan-jalan, berekreasi, dan bersenang-senang maka kegiatan tersebut harus disebut dengan kegiatan Tour atau Touring.

Dibawah ini akan saya analogikan secara singkat mengenai perbedaan antara Tour dan Travel :
Travel, dalam kamus Bahasa Inggris berarti perjalanan atau bepergian secara umum dengan berbagai motivasi, sebagai contoh Pak Muhidin melakukan perjalanan dari tempat asalnya ke kota lain pada pagi hari dan kembali ke rumahnya pada sore hari untuk bekerja ayu mencari nafkah. Perjalan tersebut dilakukan secara rutin pada setiap hari kerja, demikian pula mahasiswa UNSRI yang pergi dari rumahnya untuk mengikuti perkuliahan dari Palembang ke kampus Indralaya di Kabupaten Ogan Ilir dengan jarak lebih kurang 32 km.

Pak Muhidin dan mahasiswa tersebut melakukan perjalanan biasa untuk bekerja atau kuliah, mereka pergi dengan busana seragam kantor dan membawa tas berisi perlengkapan pribadi termasuk alat tulis kantor dan sebagainya, demikian pula mahasiswa membawa buku atau laptop guna kelancaran kuliah.
Tour, adalah suatu perjalanan dengan motivasi untuk bersenang-senang dilakukan pada hari libur atau masa cuti, mengunjungi tempat-tempat rekreasi atau objek wisata dan lain-lain. Mereka yang melakukan kegiatan ini biasanya berbusana aneka ragam, memakai topi lebar, kcamata berwarna dan pada lehernya tergantung sebua kamera dan ponsel, membawa tas kecil berisi peta dan berosur serta sedikit perlengkapan pribadi termasuk obat ringan dan kosmetik.

Kegiatan perjalanan untuk bersenang-senang dalam bahasa Sansekerta adalah Pariwisata atau biasa disingkat Wisata dan orang yang berwisata disebut Wisatawan (Tourist). Berwisata atau tour dapat dilakukan dengan cara melaksanakan sendiri atau bersama-sama, cara lain yaitu dengan menggunakan jasa Biro Perjalanan Wisata atau Tour Operator.

Dari uraian tersebut dapat diketahui kedua aktifitas tersebut pada dasarnya sama-sama melakukan perjalanan, hanya saja motivasinya berbeda. Jadi, Tour sudah termasuk Travel, tapi Travel belum tentu Tour.
Bagaimana teman-teman, apakah kamu sudah merencanakan Tour di akhir tahun ini?

Ditulis oleh Cek Noer
Palembang, 19 November 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar